Jaran Kepang Mengisahkan Jawa (dimuat di Suara Merdeka 2 Desember 2012)


Jaran Kepang Mengisahkan Jawa



Ada yang unik dari gelaran seni pertunjukan yang diadakan oleh Taman Budaya Jawa Tengah (TBJT) di Surakarta. Acara yang bertajuk "Festival Seni Pertunjukan Tradisional Indonesia 2012" itu menghadirkan 300 Jaran Kepang dari berbagai kelompok pada 25 November 2012 kemarin. Menurut panitia pelaksana, forum itu dikhususkan guna memperkenalkan kembali kesenian Jaran Kepang kepada masyarakat luas. Terlebih, momen itu menjadi pas karena kesenian ini sedang mengalami sebuah masa ujian hidup yang cukup memprihatinkan. Tentunya kita masih ingat akan ucapan Gubernur Jawa Tengah, Bibit Waluyo, yang dengan lantang mewacanakan bahwa Jaran Kepang adalah kesenian yang paling jelek sedunia (Radar Solo, 12/9/2012). Antusiasme kelompok kesenian jaran kepang begitu terlihat guna menunjukkan bahwa denyut estetikanya masih mampu berdetak selaras dengan zaman. Jaran Kepang mengawali sebuah masa baru dalam babak sejarah seni pertunjukan tradisi Indonesia dewasa ini. Mengguratkan kenangan bahwa stereotip negatif masih saja senantiasa melekat dan dilekatkan oleh banyak pihak tak terkecuali penguasa.

Kesenian Akar Rumput
Jaran Kepang di banyak tempat memiliki nama yang bervariasi, ada yang menyebutnya Kuda Lumping, Jaranan, Jathilan dan juga Ebeg. Soedarsono (1983) dengan gamblang menjelaskan bahwa Jaran Kepang merupakan satu kesenian yang sudah ada sebelum Islam masuk ke Nusantara terutama Jawa, yakni sekitar abad ke XV. Kesenian ini menggunakan anyaman bambu berbentuk menyerupai kuda (jaran) yang diselipkan di antara kaki para penari. Awal keberadaan kesenian Jaran Kepang bukanlah untuk hiburan seperti sekarang, namun sebagai sarana ritual. Sebuah perayaan ritus (upacara) dengan berusaha menghadirkan dewa, atau roh leluhur untuk bersemayam, merasuki diri pada salah satu penari. Konon, jaran atau anyaman bambu yang digunakan tersebut berfungsi sebagai medium yang menghantarkan pemain untuk lekas bertemu arwah para leluhur. Singkatnya, anyaman bambu dianalogikan sebagai kuda yang dinaiki para penari menuju alam nir sadar, kesurupan alias ndadi (trance).
Hampir semua daerah, terutama Jawa, memiliki kesenian ini. Soerjo Wido Minarto dalam tulisannya berjudul Jaran Kepang dalam Tinjauan Interaksi Sosial (2007) memandang Jaran Kepang adalah representasi detak kultural masyarakat Jawa. Melihat Jaran Kepang berarti melihat timbunan makna tentang Jawa yang terkandung di dalamnya. Jaran Kepang lebih daripada fenomena kebendaan atau fisik semata seperti gerak, musik dan kostum. Namun juga bertaburan mitos, esensinya sebagai ruang pengharapan, tujuan dan cita-cita, serta ‘komunikasi maya’ yang hanya dapat dipahami dan dirasakan oleh masyarakat pendukung kesenian itu. Sebelum Islam masuk, Jaran Kepang adalah ritus sakral, tak semua orang mampu dan terpilih untuk menarikannya. Adalah orang-orang yang dianggap suci, bersih diri dan hati sehingga tubuhnya layak menjadi persemayaman para dewa dan roh leluhur.
Oleh karena itu, Jaran Kepang mampu berbicara banyak tentang sejarah perjalanan masyarakat Jawa. Yang nampak bukanlah apa yang bisa dilihat dan didengar, namun apa yang bisa dirasakan. Jaran Kepang adalah bagian penting dari degub kebudayaan, yang tak semata bisa dilihat dalam domain hasil ciptaan manusia berupa produk dan benda, namun berupa simbol yang berusaha menarasikan “sesuatu tentang sesuatu”. Muhammad Nur Salim (2011) menyingkap tabir mitos dalam Jaran Kepang, terutama saat adegan ndadi atau kesurupan. Menurutnya, bagi masyarakat pendukung Jaran Kepang, terutama daerah Magelang dan sekitar, hingga saat ini masih mempercayai bahwa roh leluhur yang merasuki para pemain membawa pesan-pesan positif. Sehingga keberadaannya harus senantiasa dihidupi dengan aneka ragam sesaji baik berupa bunga, kemeyan maupun dupa.
Lambat laun, kesenian Jaran Kepang tak hanya bermukim di Jawa. Heristina Dewi (2007) pernah mengulas bagaimana kesenian Jaran Kepang hidup subur di daerah Medan. Begitu juga dengan Frans Sartono (2010), menceritakan dengan detail tentang Jaran Kepang yang menjadi menu sajian utama dalam kancah kesenian di Suriname. Jaran kepang kemudian tak hanya menjadi milik Jawa namun juga Indonesia bahkan Dunia. Dalam peta perjalananya, Jaran Kepang menyublim menjadi wujud kesenian yang dihadirkan pada berbagai perayaan seperti nikahan, khitanan, bersih desa dan lain sebagainya. Beberapa masyarakat Jawa dalam kehidupan sehari-hari masih kuat memegang akar tradisi leluhurnya. Mereka tak dapat dilepaskan begitu saja dengan kekuatan-kekuatan transendeltal, yang gaib dan sakral di sekelilingnya. Kehadiran Jaran Kepang dengan aneka sesaji (sajen) kadang masih diperlukan sebagai sarana ruwat (penangkal), agar terhindar dari godaan berbau negatif yang nir mata itu.

Kisah
Namun kini zaman telah berubah. Benturan kebudayaan terjadi. Jaran Kepang berada dalam posisi poros tersudutkan oleh aneka sajian hiburan yang lebih glamour dan gemerlap. Pernyataan sang Gubernur mencoba mengamini akan realitas tersebut. Jaran Kepang tak ubahnya kesenian purba yang telah basi, kuno, udik dan ketinggalan zaman. Tak pantas bercengkrama dengan waktu yang serba canggih dan moderen seperti saat ini. Penilaian Bibit mengingatkan kita akan rona sejarah kala para misionaris Barat datang pertama kali di bumi pertiwi terutama Jawa. Santosa (2005) menandaskan kaum Barat (Eropa) pada awalnya menilai kebudayaan Jawa seperti gamelan adalah musik primitif yang tak beradab. Sementara kebudayaan Eropa dengan musik klasiknya adalah adi luhung, beradab dan moderen. Brandts Buys, pemusik asal Belanda, pada tahun 1926 juga pernah menuliskan bahwa musik dan bahasa Madura sebagai suara kodok, kasar menyerupai bajak laut.
Padahal penilaian dengan memandang bahwa kebudayaan satu lebih jelek dari pada yang lain, banyak digugat oleh para pemikir kontemporer. Setiap kebudayaan dan tertutama dalam hal ini kesenian memiliki sisi estetika yang tak bisa begitu saja disepadankan, disamaratakan, apalagi dibanding-bandingkan. Satu kesenian memiliki sisi fungsi, keunikan, pemaknaan yang berbeda dan harus dilihat dalam kacamata pemiliki kesenian itu. Oleh karenanya, tak bisa menilai gamelan dengan menggunakan lensa musik barat, atau sebaliknya. Tak bisa pula dengan serta merta menuding bahwa kesenian Jarang Kepang merupakan kesenian paling jelek sedunia tanpa alasan dan dasar yang kuat.
Jaran Kepang memang tak lagi mampu menampakkan ujudnya secara lebih terbuka terutama lewat media elektronik. Kesenian itu hidup dari satu panggung desa ke desa lainnya. Semangat masyarakat akar rumputlah yang menjadikan kesenian Jaran Kepang masih berdetak hidup. Uluran tangan pemerintah yang selama ini ditunggu-tunggu bukannya datang menghampiri, malah menghardik dan menusuknya agar lekas mati. Oleh karena itu gelaran 300 Jaran Kepang di TBJT kemarin seolah menjadi oase yang menyegarkan dalam denyut hidup kesenian ini. yang lebih menggembirakan lagi, salah satu kelompok Jathilan dari Magelang tengah dipersiapkan tampil di World of Musik, Arts and Dance (WOMAD) di New Zealand, tahun depan. WOMAD adalah salah satu forum internasional yang berusaha menganggkat seni-seni tradisi unggulan di dunia untuk dipentas dan pamerkan. Dipilihnya jaran kepang seolah menandaskan bahwa kesenian ini mampu berdiri sejajar dengan kesenian unggulan dunia lainnya. Jaran Kepang bagaimanapun juga adalah tolok ukur objektif dalam melihat determinasi adab budaya di Indonesia dan Jawa pada khususnya. Otomatis, dengan matinya kesenian itu, maka peradaban kebudayaan Jawapun akan semakin sayup-sayup tak mampu dilihat lagi.
Aris Setiawan
Pengajar di Jurusan Etnomusikologi Institut Seni Indonesia (ISI) Surakarta

Tidak ada komentar:

Pengikut